Minggu, 02 November 2014

Rahasia Kelapa Muda Hijau “ Degan Wulung “



Rahasia Kelapa Muda Hijau

“ Degan Wulung “


mempunyai ciri khas yaitu bila dikupas kulit bagian bawahnya akan terlihat ada warna ungu di antara kulit sabut yang putih dan kelapa yang lebih muda lebih baik karena kandungan airnya lebih banyak. (Tidak Tentu Kadang Kelapa Hijau atau Kelapa Jenis Lain)




Ijuk bagian belakang kelapa jenis ini berwarna ungu atau dalam bahasa jawa disebut wulung oleh karena itu kelapa ini diberi nama kelapa wulung.
kelapa wulung dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti penawar racun sampai memperlancar saluran pembuangan air seni.
Dalam Penelitian Sangat sulit mengembangkan kelapa jenis ini. “Tidak seperti kelapa kopyor yang sudah di budidayakan, kelapa wulung jenis ini sangat langka dan belum dapat dibudidayakan, dari seribu pohon kelapa yang ditanam belum tentu satunya berjenis kelapa wulung ,Selain itu hama pohon kelapa atau wangwung sangat menyukai jenis kelapa ini. 
Namun Jangan Kuatir di setiap Penjual Degan di pingir-pingir jalan "biasanya mereka tidak memajang seperti biasanya mereka menyendirikan, bagi yang menginginkan barulah si penjual mengeluarkannya" harga kisaran 10.000 s/d 25.000 per biji tergantung si penjual
Air kelapa/Wulung mengandung:
glukosa, sakarosa, fruktosa, sukrosa mineral, asam amino, sangat banyak manfaat dan khasiatnya yang dipercaya dapat membantu mengobati keracunan dan berbagai macam penyakit lainnya salah satunya adalah sakit akibat Virus Flu Singapura yang sedang ramai dibicarakan dan sudah menyebar di Jakarta.
Walaupun agak susah untuk membedakan jenis kelapa hijau (wulung) dengan jenis yang lain, namun rasa air kelapa hijau (wulung) sangat berbeda.  Ketika dibelah, daging kelapa hijau berwarna merah muda. Airnya agak pahit dan tidak sesegar air kelapa jenis lain,

Manfaat air kelapa hijau (wulung) dianggap lebih istimewa daripada air kelapa jenis lain. Hal ini dikarenakan, kandungan tannin (zat anti racun) dalam air kelapa hijau (wulung) lebih tinggi. Tannin adalah suatu senyawa yang dipercaya mampu menawar racun. 
Ditinjau dari unsur Mitos dan Mistis yang berkembang kelapa hijau (wulung) dianggap lebih istimewa diantara keistimewaan itu antara lain ;
  • “Sapu sodo wulung itu berasal dari lidi daun kelapa wulung. Untuk orang Jawa, kelapa wulung yang masih muda amat berguna mengobati penyakit badani maupun rohani. Sapu sodo wulung itu sapu yang diyakini bisa menangkal hal-hal bahaya secara ghoib,” 
  • Menetralisir Serangan Goib terutama teluh yang bersifat racun.
  • Menetralisir Hawa Nafsu ...Amarah...Birahi dan Melupakan Kedengkian
  • Sebagai sarana untuk : Jamasan Pusaka, Tolak Bala, Sarana Inisiasi, dan 
  • Berbagai sarana Penyembuhan Alternatif /NON Medis

Tidak ada komentar: