Sabtu, 01 November 2014

Paradigma Umum Merubah Keadaan


Paradigma Umum merubah keadaan
Secara umum, dalam menyikapi sebuah keadaan buruk, setiap orang akan berpikiran dan melakukan sebuah tindakan (perbuatan) merubah keadaan, seperti di bawah ini :
  • Dalam hal Kesulitan ekonomi, orang merubahnya hanya dengan bekerja keras saja. 
  •  Dalam hal meningkatkan penghasilan, orang membuka usaha/dagang. 
  •  Dalam hal Kesehatan, orang yang sakit, hanya mengandalkan berobat ke dokter atau minum obat. 
  •  Dalam hal Keselamatan, seperti dijalan raya, orang hanya menyiapkan helm (motor) atau sabuk pengaman (mobil) atau peralatan yang lainnya. 
  •  Dalam hal Keberhasilan, orang mempersiapkan hanya dengan finansial & fasilitas. 
  •  Dalam hal Kepandaian, orang mempersiapkan hanya dengan pendidikan (sekolah). 
  •  Dalam hal Bahagia, orang mempersiapkan hanya dengan materi (harta). 
  •  Dan lain-lain.
Apakah hal ini sudah cukup sebagai jaminan bahwa keadaan tersebut akan berubah secara signifikan ?. jawabnya belum mencukupi.

Kenyataan membuktikan, banyak orang yang bekerja keras bertahun-tahun, banting tulang. Kehidupannya pas-pasan tanpa ada perkembangan. Banyak orang membuka usaha yang terencana dengan baik, hasilnya malah tidak laku atau rugi. Banyak orang yang sakit, berobat ke dokter yang tidak sembuh alias tambah parah. Banyak orang yang berhati-hati, tapi tidak selamat sampai dirumah. Banyak orang yang mempunyai finansial (harta) & fasilitas, tetapi tidak sukses dalam segala hal. Banyak anak disekolahkan tapi tidak pandai dan nakal. Harta berlimpah, karir bagus tapi kehidupannya tidak bahagia.



Apa yang kurang dari semua ini ....?
Yang jelas, yang dilakukan mereka adalah merubah keadaan, tapi mereka tidak merubah dirinya.

Semua orang mempunyai keinginan dan berpikir serta bertindak, agar bisa mengubah Keadaan (Nasib) agar menjadi lebaih baik, tetapi tidak seorang pun berpikir mengubah dirinya sendiri.” Ya, jika Anda ingin mengubah Nasib, pertama-tama Anda harus mengubah diri Anda sendiri. Jangan pernah berpikir bahwa orang lain yang harus berubah, tetapi Andalah yang harus berubah jika Anda ingin berhasil atau sukses. Tidak akan ada perubahan sampai Anda berubah.

Segala usaha / ikhtiar, kerja keras dan Doa telah anda lakukan, agar keadaan (diluar diri) ini bisa berubah. Sewaktu perjuangan anda tidak menghasilkan seperti apa yang dikehendaki. Mulailah anda bertanya, mengapa hal ini bisa terjadi ?. Adakah yang salah dan kurang dengan usaha & ikhtiar ku tersebut ?

Tidak ada komentar: